header
Dharma Santi SMAN 1 Mataram Meningkatkan Hubungan Harmonis Antarumat Beragama
Post On 12 April 2019 By smanmtrs

Hari Senin, 08 April 2019, bertempat di Bangunan Serba Guna Taman Mayura, bidang Kerohanian Hindu Siswa (KHS), SMA Negeri 1 Mataram menyelenggarakan acara Dharma Santhi dengan mengusung tema “Melalui Kegiatan Dharma Shanti Kita Tingkatkan Hubungan Harmonis Antar Umat Beragama Sebagai Wujud Implementasi Tri Hita Karana”. Acara Dharma Shanti ini merupakan rangkaian terakhir perayaan Hari Raya Nyepi tahun caka 1941.
Dharma Shanti adalah salah satu program kerja KHS yang dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan meningkatkan hubungan harmonis antar dan inter umat beragama, pelaksanaan kegiatan dharma shanti yang diadakan di Taman Mayura ini dijadikan sebagai sebuah event mencurahkan ide, kreatifitas, dan gagasan siswa siswi KHS sehingga bisa menampilkan yang terbaik
Berbagai pertunjukkan ditampilkan seperti palawakya, vocal grop, tari oleq, band dan Puncak penampilannya adalah sebuah Fragmentari dengan judul Siva Pasupastra. Semua ini adalah pertunjukkan dari siswa-siswi Smansa yang bergabung di Kerohanian Hindu, kegiatan ini dilakukan terbuka untuk umum, antusias masyarakat sangat luar biasa untuk bisa menyaksikan fragmentari yang merupakan garapan dari sanggar seni saraswati.
Demikian pula yang hadir dari berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa, juga guru-guru Smansa yang bukan beragama Hindu. Hal ini adalah suatu tindakan toleransi dan pembauran yang dicanangkan sesuai dengan tema meningkatkan hubungan harmonis antar umat beragama
Dharma Santhi kali ini dihadiri oleh kepala Bimas Hindu Provinsi Nusa Tenggara Barat, Parisada Kota Mataram, WHDI, Ketua STAHN, KMHD Unram, Utusan dari Semua SMA/SMK Kota Mataram dan segenap Siswa Siswi Hindu Smansa. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Mataram Dra Wiene Hermin, ditandai dengan Pemukulan Gong.
Ni Komang Purni Marsini M.Pd.H, Pembina Kerohanian Hindu SMAN 1 Mataram mengatakan kegiatan Dharma Shanti 2019 ini mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat karena dibuka untuk umum sehingga kerja keras anak-anak KHS tidak sia sia “kerja keras anak-anak dalam menampilkan sesuatu yang berbeda mendapatkan hasil yang memuaskan”ungkap beliau bangga.
Sementara itu Dewa Dipta Priadnyata, selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan harapannya “Dengan adanya kegiatan Dharma Shanti sekarang ini, masyarakat bisa lebih mengenal KHS yang selama ini jarang dipublikasi media apalagi pelaksanaannya dapat disaksikan oleh masyarakat secara langsung” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *