header
IHT PENYUSUNAN NASKAH DAN APLIKASI E-MODUL SMAN 1 MATARAM
Post On 14 September 2018 By smanmtrs

SMAN 1 Mataram mengadakan pelatihan e-Modul selama dua hari yaitu hari hari Senin, 10/9 dan Kamis 13/9 September 2018 mulai pukul 11.00 s.d 13.00 Wita bertempat di ruang guru SMAN 1 Mataram. Pelatihan e-Modul ini merupakan rangkaian Implementasion House Training (IHT) dari berbagai IHT yang sudah dilaksanakan sesuai dengan agenda sekolah rujukan.
Pelatihan e-Modul ini dibuka oleh kepala sekolah serta dihadiri oleh wakil kepala sekolah, majelis guru dan berbagai perwakilan guru sekolah imbas yang memang sengaja diundang pada acara ini. Peserta pelatihan menyiapkan satu buah modul pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing peserta dalam bentuk aplikasi Word yang nantinya modul tersebut akan dirubah ke dalam bentuk e-Modul yang sesungguhnya. Dalam sambutannya Bapak Drs. H. Muh.Jauhari, MM mengunggkapkan terima kasih kepada peserta yang telah berkenan untuk hadir di Smansa dalam kegiatan pelatihan e-Modul yang laksanakan selama dua hari.
Nara sumber pelatihan e-Modul adalah Bapak Rusdan , M.Kom yang merupakan pakar IT sekaligus kepala Lab. Komputer Smansa. Dari pantauan tim redaksi Humas Smansa acara dimulai pada pukul 11.00 Wita, Narasumber menjelaskan tentang penulisan e-Modul secara lengkap, mulai dari pertama membuat e-Modul hingga modul tersebut sudah diaplikasikan oleh masing-masing guru. Acara berakhir pada pukul 13.30 Wita.
Menurut narasumber Rusdan M.Kom e Modul multimedia dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih interaktif, mampu menyampaikan pesan historis melalui gambar dan video, menambah semangat belajar peserta didik melalui instrumentalia, mengembangkan indra auditif atau pendengaran peserta didik sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dimengerti. Melalui berbagai keadaan yang dapat disimulasikan, multimedia yang baik mampu menghadirkan berbagai macam peristiwa yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran layaknya digambarkan persis dengan objek yang akan dihadirkan. “Agar penyampaiannya sesuai dengan keadaan nyata, perlu adanya desain yang baik dan memperhatikan kronologi peristiwa yang akan dihadirkan, sehingga peserta didik dapat memahami secara runtut dan menimbulkan pemahaman yang baik tentang konsep yang akan dijelaskan” jelas beliau.
Hakikatnya e Modul hendaklah menjadi sumber informasi yang mudah dicermati dan digunakan. Pada dasarnya media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakanitu sampai kepada penerima yang di tuju (Arsyad, 2006:4) media yang baik seharusnya media yang cara penggunaannya mudah dioperasikan, instruksi yang disampaikan mudah dimengerti dan mudah ditanggapi oleh peserta didik . penyajian bahan pelajaran , bahasa yang digunakan membuat peserta didik merasa akrab dengan e modul serta termotivasi untuk mempelajarinya, karena salah satu karakteristik e Modul adalah user friendly atau mudah digunakan.
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini menyiapkan bahan ajar mandiri bagi peserta didik dan memandu guru dalam menyusun bahan ajar berbentuk e- Modul. (moernhy)
Berikut dokumentasi kegiatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *