header
In House Training Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
Post On 04 August 2018 By smanmtrs

SMA Negeri 1 Mataram hari Rabu (1/08/2018) menyelenggarakan In House Training yang di laksanakan di ruang guru SMA Negeri 1 Mataram, pukul 13.00 sampai selesai. Pada acara pembukaan IHT hadir juga Sugeng Prayogo, S.Pd MM selaku pengawas Pembina SMAN 1 Mataram yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dan sebagai narasumber adalah Musmuliadi, S.Si. M.Pd beliau widyaiswara LPMP Nusa Tenggara Barat
IHT Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diikuti oleh semua guru SMAN 1 Mataram beserta perwakilan guru dan tim kurikulum dari lima sekolah imbas yaitu SMAN 2 Mataram (tidak hadir), SMAN 7 Mataram (2 orang), SMAN 3 Mataram (1 orang), SMAN 10 Mataram (2 Orang) dan SMA Al Ma’rif (2 orang) Pemetaan Sasaran Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal(SPMI) bagi lembaga pendidikan Perguruan Tinggi, Sekolah maupun Madrasah merupakan kegiatan yang sangat penting.
Dengan adanya Sasaran mutu yang jelas dan spesifik, Lembaga Pendidikan akan mengetahui target & arah yang hendak dituju. Dengan adanya sasaran mutu yang SMART, masing-masing unit kerja akan dapat menyusun program kerja yang sesuai, dan dapat menetapkan kebutuhan sumber daya (resources). Bapak Narasumber memberikan materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan pemetaan mutu SPMI, beliau banyak memberikan data data dalam bentuk grafik capaian 8 Standar Nasional Pendidikan di seluruh SMA se Nusa Tenggara Barat baik SMA Rujukan, SMA Model Maupun SMA lainnya. Beliau menjelaskan tentang ciri SPMI yang baik itu dimulai dari sekolah yang melakukan kegiatan berbasis dokumen, selanjutnya dokumen akan bekerja sesuai instrument berdasarkan fakta yang ada di sekolah, “Sebaik baiknya data Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) berasal dari real sekolah untuk penjaminan mutu”ungkap narasumber yang tetap semangat mengisi Materi di siang hari itu dengan diselingi permainan yang menarik supaya peserta IHT bisa fokus dan tidak mengantuk. Sementara itu, Dra. Hj Sri Ngayomi, M.Pd sebagai koordinator Tim SPMI berharap dengan adanya sistim ini Smansa memiliki budaya, mutu, sikap maupun perilaku yang baik sehingga tercipta pendidikan yang bagus sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan “ Saya sangat berharap 8 Standar Nasinal Pendidikan dicapai oleh Smansa dengan Nilai yang sempurna”ungkap bu guru yang tetap terlihat cantik di usia emasnya.
Tetaplah jaya Smansa dengan kegiatan-kegiatan yang inovatif, kreatif, produktif dan prestatif “ Maju Bersama Hebat Semua” (moernhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *