header
Matrikulasi Pramuka untuk pembinaan karakter anak-anak Pramuka kelas X.
Post On 31 July 2018 By smanmtrs

Liputan Smansa – Gerakan Pramuka SMAN 1 Mataram melaksanakan Matrikulasi Pramuka untuk pembinaan karakter anak-anak Pramuka kelas X. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 30 Juli s.d 1 Agustus 2018 di aula SMAN 1 Mataram dari pukul 07.15 s.d 16.00 WITA,kepanitiaan dari anak-anak pramuka kelas XI dan XII SMAN 1 Mataram, kegiatan ini melibatkan semua siswa kelas X SMAN 1 Mataram. Di dampingi oleh Pembina Pramuka Putri Dra. Ni Wayan Sri Kastining dan Pembina Putra Muh. Ridwan, S.Pd. M.Fis
Dasar pelaksanaan kegiatan Matrikulasi Pramuka ini diantaranya UU NO. 2 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka dan SK Gerakan Pramuka No 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka. Adapun latar belakang kegiatan adalah memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap serta mental peserta didik pada sikap yang baik, berakhlak mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot serta bertakwa kepada Tuhannya.
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar siswa Smansa memiliki pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, terampil, cerdas dan memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka adapun manfaat yang didapatkan dari kegiatan matrikulasi pramuka ini diantaranya menumbukan sikap disiplin, bertanggung jawab, mandiri, kreatif, serta mempunyai jiwa kepemimpinan untuk menumbuhkan pendidikan karakter bagi siswa.
Bapak Muh. Ridwan, S.Pd. M.Fis mewakili Pembina mengatakan bahwa kegiatan matrikulasi ini masuk di kurikulum 2013 dan harus dilaksanakan sebagai pembentukan karakter bagi siswa terutama siswa baru SMAN 1 Mataram.
Dalam acara pembukaan, Kepala Sekolah SMAN 1 Mataram Bapak Drs. H. Muh. Jauhari, MM sebagai penanggung jawab kegiatan memberikan sambutan dan semangat kepada peserta Matrikulasi Pramuka dan berharap kegiatan matrikulasi ini dapat memberikan peranan penting dalam pembentukan sikap dan mental peserta didik yang lebih baik ” Selama kegiatan ini berlangsung terhitung 36 jam pelajaran karena kegiatan ini penting untuk pembentukan karakter kalian” ungkap beliau sambil membuka kegiatan Matrikulasi Pramuka secara resmi.
Salam Pramuka!!! Smansa Jaya “Maju Bersama Hebat Semua” (moernhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *