header
Peringatan Hari Kartini 2019 di SMA Negeri 1 Mataram
Post On 23 April 2019 By smanmtrs

Liputan Smansa_ Pada hari Senin, tanggal 22 April 2019, SMA Negeri 1 Mataram memperingati hari Kartini. Peringatan hari Kartini dilakukan dengan mengadakan upacara bendera. Semua petugas upacara adalah siswa perempuan dari Paskib Smansa. Sebagai Pembina Upacara adalah Dra. Wiene Hermin selaku Wakasek Kesiswaan. Beliau menyampaikan bahwa Kartini merupakan sosok perempuan yang menjadi salah satu figur paling berjasa bagi perempuan-perempuan di Indonesia. Setelah menyampaikan sekilas kisah R.A. Kartini, Pembina Upacara menyampaikan cara siswa untuk ‘menghidupkan’ semangat Kartini pada era global.
Di bagian akhir upacara, salah seorang siswi kelas XI MIPA-5, Bq. Wiwin Suryani, seorang pembaca puisi handal Smansa, membacakan riwayat hidup Kartini. Pembacaan ini mampu menciptakan suasana haru dan hikmat para peserta upacara.
Pada peringatan Hari Kartini tahun ini siswa Smansa tetap menggunakan seragam seperti biasa karena setelah upacara bendera proses belajar mengajar tetap berlangsung. Ibu guru dan pegawai perempuan menggunakan kebaya, bapak guru dan pegawai yang lelaki menyesuaikan dengan menggunakan baju batik. Setelah dilaksanakan upacara bendera dilanjutkan dengan foto bersama bapak ibu guru Smansa.
Tujuan utama peringatan Hari Kartini adalah untuk mengingatkan kembali perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam menuntut kesetaraan perempuan dan laki-laki, baik dalam belajar atau bersekolah maupun dalam semua aspek kehidupan. R.A. Kartini diakui sebagai tokoh emansipasi wanita, yang memperjuangkan kesetaraan peran wanita dan pria dalam kehidupan sehari-hari. (Moernhy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *