header
Program Jaksa Masuk Sekolah dan Penyuluhan dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 di SMA Negeri 1 Mataram
Post On 19 July 2018 By smanmtrs

Liputan smansa – Pihak dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Nusa Tenggara Barat, menggelar program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang dirangkaikan dengan Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Sosialisasi Undang-Undang No 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 Tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun XVIII Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2018 di aula Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (18/7/2018).
Program JMS dilaksanakan, untuk menumbuhkan kesadaran hukum sejak dini kepada para pelajar sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang mengakibatkan pelanggaran hukum dan merusak masa depan anak anak yang merupakan generasi penerus bangsa.
“Dengan adanya program JMS itu, diharapkan pelajar-pejalar SMA bisa memahami dan mengenal produk hukum sejak dini, karena kalian adalah generasi harapan orang tua” ucap Dedi Irawan, SH MH selaku Kepala Seksi (Kasie) Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Mataram , Drs. H. Muh Jauhari, MM dalam sambutannya mengatakan program ini termasuk rangkaian dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah yang diikuti oleh semua siswa kelas X Smansa.
“pemahaman hukum penting diterapkan sejak dini dan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kalian sebagai fungsi preventif untuk mencegah terjadinya kejahatan dengan menghindari hal-hal yang bertentangan dengan hukum ” katanya.
Dalam presentasinya Dedi Irwan SH MH memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi kejaksaan termasuk struktur organisasi kejaksaan, perbedaan hukum perdata dan hukum pidana serta tindak pidana umum di luar KUHP yaitu tentang Narkoba. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang jenis jenis narkoba, bahaya narkoba serta modus modus operandi masuknya narkoba ke Indonesia, para siswa siswi SMA 1 Mataram mendengarkan sosialisasi dengan sangat serius dan antusias dibuktikan dengan banyaknya siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan dari pemateri. Usai melakukan Tanya jawab, kegiatan diakhiri dengan foto bersama antara Tim Penyuluhan Hukum Kejaksaan Tinggi NTB dan para siswa siswi SMA Negeri I Mataram . (moernhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *