header
Seminar dan Sosialisasi PMB Universitas Surabaya
Post On 28 July 2018 By smanmtrs

SMA Negeri 1 Mataram menjadi salah satu dari dua SMA di kota Mataram yang menjadi mitra kerjasama dengan Universitas Surabaya, Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah Universitas Swasta di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. UBAYA memiliki tiga kampus: Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas. Universitas ini tercatat sebagai salah satu dari 50 Promising Indonesian Universities.
SMA 1 Mataram diundang oleh pihak kampus Ubaya bersama dengan SMAK Kusuma mataram untuk mengikuti Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dirangkaikan dengan seminar keberagaman yang dilaksanakan di Ubaya kampus III (IOC) Trawas Mojokerto Jawa Timur. Peserta pada kegiatan ini berasal dari seluruh SMA mitra kerjasama Ubaya se Indonesia, pada kesempatan ini SMAN 1 Mataram diwakili oleh bu Murni Kurnia, SPd MM
Untuk kegiatan hari pertama, sesi pertama diisi dengan Seminar, hadir sebagai pembicara Bapak Harijanto Tjahjono, S.Psi.M.Ed.PhD (Kepala Jurusan Psikologi Ubaya dan Manajer Konseling Indonesia) topik yang diangkat dalam seminar kali ini yaitu “Cultural Intelligence: bagaimana meningkatkan kecerdasan siswa/i dalam menyikapi keberagaman”. Dalam pemaparannya, beliau memperkenalkan kampus Ubaya yang sangat kaya dengan keberagaman, berasal dari Suku, Agama, Ras dan Golongan yang berbeda beda, permasalahan yang muncul dari topik tersebut yaitu “Siapkah murid murid kita menghadapi keberagaman?” kemampuan keberagaman sering terlupakan oleh kita padahal di masa depan anak-anak kita akan menghadapi keberagaman dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan intensitas perjumpaan yang semakin sering.
Menurut Livermore, 2010 “Semakin sering kita berjumpa dengan kultur yang berbeda/ heterogen maka akan semakin kreatif perjumpaan antar kultur yang akan menghasilkan orang orang yang kreatif dibandingkan hanya berjumpa dengan kultur yang sama/homogen”.
Dalam presentasinya beliau juga menjelaskan tentang empat dimensi Cultural Intelligence yaitu :
1. Kemauan atau motivasi untuk berjumpa dengan orang-orang yang berbeda haruslah dari hati.
2. Pengetahuan tentang kultur yang berbeda bahwa kultur yang berbeda itu memiliki nilai-nilai yang berbeda pula.
3. Strategi untuk kultur yang baru: bagaimana menghadapi kultur yang baru dan apa yang akan kita lakukan
4. Kemampuan beradaptasi dengan kultur yang baru .
Diakhir pemaparan ditutup dengan pembagian kelompok diskusi dan permainan yang menarik.
Sesi kedua dilanjutkan malam hari pukul 19.00 WIB tentang sosialisasi PMB TA 2019/2020 yang disampaikan oleh koordinator PMB Bapak The Jaya Suteja, ST. M.Sc. Ph.D. Untuk Tahun Ajaran 2019/2020 sudah dibuka tes calon mahasiswa mulai tanggal 1 Agustus 2018 dan daftar ulang di bulan Juli 2019 sementara itu mahasiswa baru TA 2018/2019 awal Agustus ini sudah mulai diadakan kegiatan Penyambutan Mahasiswa baru yang biasa disebut dengan Masa Orientasi Mahasiswa (MOB). Dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang PMB Jalur Tes, Tanpa Tes, dan Jalur Raport, di jalur tes dibedakan yang kedokteran dan tes untuk non kedokteran karena khusus kedokteran hanya diambil dari SMA jurusan IPA serta melihat akreditasi sekolah asal. selain itu juga dibahas masalah pembiayaan dan beasiswa- beasiswa yang ditawarkan diantaranya beasiswa untuk alumni, nilai tertinggi setiap Program studi dan beasiswa kepada putra putri guru.
Rangkaian kegiatan selanjutnya hari ini, Sabtu 28 juli 2018 dilanjutkan dengan kegiatan outdoor berkunjung ke Ubaya Penanggungan Center dan kebun salak, pukul 12.00 WIB semua peserta pulang ke Surabaya dan kembali ke daerah masing-masing. Demikian sepenggal perjalanan peserta Smansa di kampus hijau Ubaya ”To Be The First University In Heart & Mind” semoga Smansa tetap jaya “Maju Bersama Hebat Semua” (moernhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *