header
WUJUDKAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH RUJUKAN SMANSA MATARAM GELAR LOMBA MADING
Post On 27 September 2018 By smanmtrs

Kegiatan literasi selama ini identik dengan aktivitas membaca dan menulis. Namun, Deklarasi Praha pada tahun 2003 menyebutkan bahwa literasi juga mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat. Literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya (UNESCO, 2003). Sehubungan dengan hal itu Smansa mataram mengeskpresikan pengetahuan menulis dan berbahasa dengan ide-ide kreatifnya melalui lomba majalah dinding (mading) antar kelas khususnya kelas X Selasa (18/9) minggu kemarin. Lomba ini diadakan sebagai rangkaian program Tim Pemantapan Literasi SMA Sekolah Rujukan SMAN 1 Mataram. Kegiatan lomba ini sempat tertunda dengan adanya musibah gempa bumi yang menimpa Lombok pada tanggal 05 Agustus 2018.
Sebelumnya pada hari Jumat tanggal 03 Agustus 2018 Tim Literasi sudah mengadakan rapat pemantapan program kerja dengan menghasilkan beberapa program diantaranya :
1. Lomba membuat Essai Bahasa Asing penanggung jawab Iskandar, S.Pd,
2. Lomba Duta Literasi penanggung jawab Drs. H Sutarno beserta Staf perpustakaan
3. Lomba Menggambar dan Membuat Komik penanggung jawab Nurmalayani, S.pd
4. Lomba membuat vlog dokumentasi hasil drama kelas penanggung jawab Ilhamuddin Aminullah, M.Pd
5. Seminar Literasi penanggung jawab Bq Inggrid Pujianti, M.Pd dan Murni Kurnia, S.Pd MM, serta
6. Lomba Membuat Mading khusus kelas X penanggung jawab Dra. Hj. Siti Rohani
Sempat tertunda karena gempa tim mulai bergerak dengan mengadakan lomba awal yaitu lomba mading antar kelas di kelas X, Penanggung jawab lomba mading bu Dra. Hj. Siti Rohani mengatakan, penilaian dalam lomba ini pertama adalah para murid harus membuat mading sesuai dengan tema, yakni Literasi dan sub temanya tentang Gempa Bumi. Kemudian mereka dituntut harus melengkapi informasi, tata letak, dan ilustrasi dalam mading tersebut. Beliau mengimbau kepada para murid, agar dikerjakan secara teamwork karena melibatkan satu kelas. “Sebaiknya, pekerjaan ini harus dibagi agar sebagian siswa tidak ada yang berleha-leha sementara sebagian yang lain bekerja” ungkap bu Rohani guru yang tetap energik dan cantik di umur yang tidak muda lagi. “Yang menjadi juara nanti akan diberikan piagam serta hadiah,” jelasnya.
Tujuan diadakan lomba mading ini agar siswa mampu meningkatkan kreativitas yang lebih baik kedepannya. Selain itu lewat mading guru mampu meningkatkan minat baca siswa-siswi di lingkungan Sekolah SMAN 1 Mataram.
Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan karakter dalam wujud budi pekerti sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 dan melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi..
Agar pengembangan budaya lietrasi dan pembelajaran literasi di Smansa dapat terealisasi dan mencapai hasil seperti yang diharapkan, semua pihak terkait hendaknya berperan aktif dan memberikan kontribusi yang berarti sesuai tugas pokok dan peran masing-masing.
Demikian laporan Tim pemantapan Literasi sekolah rujukan SMAN 1 Mataram ‘Maju Bersama Hebat Semua’ (Moernhy)
“SALAM LITERASI “
Gallery Foto Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *